Madrasah Lebih Baik Lebih Baik Madrasah

Tuesday, September 19, 2017

10 MANFAAT KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band


September 20, 2017

Sudah adakah Ekstrakurikuler Drum Band di Sekolah Bapak/Ibu..? jikalau belum ada Mari simak manfaat dari kegiatan Ekstrakurikuler Drum Band di Sekolah.

Ekstrakurikuler Drum Band Di berbagai lembaga pendidikan baik  Negeri maupun Swasta mulai dari RA hingga Universitas kita bisa menjumpai  Drum Band sebagai Ekstrakurikuler yang banyak diminati oleh para siswa. ada berbagai manfaat yang sebenarnya bisa dirasakan baik secara langsung maupun tidak langsung oleh para anggota ekstrakurikuler ini.
Salah satu manfaat yang bisa didapatkan oleh para peserta kegiatan ini adalah melatih sense mereka dalam hal bermusik. Secara ilmiah, musik akan merangsang aktifnya otak bagian kanan yang cenderung jarang digunakan oleh mereka yang sehari-harinya lebih banyak berkutat dengan logika dan angka. Proses mengaktifkan otak kanan ini juga cukup bermanfaat dalam merangsang kreatifitas setiap orang, sehingga keberadaan Drum Band sebagai Ekstrakurikuler memang tidak bisa dianggap sepele.
Manfaat lain yang secara tidak langsung diajarkan oleh kegiatan ini kepada para anggotanya adalah mengenai kerja sama. Dalam unit Drum Band, setiap anggota memiliki peranan mereka masing-masing sehingga secara keseluruhan mereka bisa menghasilkan musik dan penampilan yang menarik. Satu kesalahan dari satu anggota akan membuat penampilan mereka menjadi kurang sempurna. Disini setiap anggota diajarkan untuk bertanggung jawab pada peran yang mereka pegang dan sekaligus juga menyadarkan mereka bahwa kerjasama adalah faktor yang sangat penting bila mereka ingin berhasil. Sikap ini bisa diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat yang nantinya akan membuat para anggota menjadi warga yang mampu berperan dan memberi manfaat bagi masyarakat dimana dirinya tinggal.

10 Manfaat mengikuti Ekstrakurikuler Drum Band
Bila dilihat dari berbagai manfaat tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Drum Band memiliki manfaat dalam membantu para anggotanya untuk berkembang menjadi lebih baik baik secara pribadi maupun sebagai makhluk sosial (baca juga : manfaat latihan Drum Band ). Tidak heran bila keberadaan Drum Band  sebagai Ekstrakurikuler di berbagai tingkat lembaga pendidikan harus dianggap sebagai salah satu bentuk investasi terbaik untuk perkembangan generasi muda di masa yang akan datang.

Manfaat Drum Band

Manfaat-manfaat yang dapat diperoleh para anggota melalui kegiatan Drum Band  ini adalah sebagai berikut:


1.   KETERAMPILAN MUSIK
Anggota pemain Drum Band  diberikan pemahaman dan keterampilan bermain musik baik secara teori maupun praktek, melalui proses latihan yang sistematis dan kontinu oleh kakak pembina.

2.  KEPERCAYAAN DIRI
Anggota pemain Drum Band  akan dibangkitkan rasa percaya dirinya, bahwa mereka berani dan mampu tampil di depan banyak orang. Kepercayaan Diri ini kelak akan sangat bermanfaat bagi kehidupannya di masa depan dalam menghadapi berbagai tantangan dan hambatan dalam hidupnya.

3.  KERJASAMA TEAM
Ekstra Drum Band  bukanlah kegiatan perorangan, melainkan kegiatan kelompok yang besar. Mereka semua harus bekerjasama antara yang satu dengan yang lainnya. Bila tidak bekerjasama, Bisa dipastikan tidak akan sukses. Kemampuan bekerja sama ini akan sangat bermanfaat dalam hal membangun hubungan antar-manusia (interpersonal) dan menjalin kerjasama yang harmonis diantara mereka, sehingga setiap permasalahan (baik yang ringan ataupun yang berat) dapat diselesaikan bersama-sama.

4.  KESEHATAN & KEBUGARAN
Ekstra Drum Band  memerlukan kondisi fisik yang prima. Aktivitas fisik selalu terjadi pada saat : berbaris, memainkan alat musik, menari, membentuk formasi dll. Oleh karenanya, para anggota perlu menjalankan pola hidup dan pola makan yang sehat, sehingga kesehatan dan kebugaran mereka dapat terjaga dengan baik.

5.  PRESTASI
Ekstra Drum Band  mengajarkan bagaimana caranya mencapai tujuan/prestasi yang diinginkan, melalui proses latihan dan kerja keras semua anggota. Suatu tujuan tidak akan tercapai tanpa bekerja keras. Hampir semua orang sukses memperoleh kesuksesan mereka melalui kerja keras.

6.  KEPEMIMPINAN
Ekstra Drum Band  mengajarkan bagaimana caranya memimpin dan dipimpin. Setiap orang memiliki potensi untuk menjadi pemimpin. Seorang pemimpin tidak dilahirkan begitu saja, tetapi melalui berbagai proses belajar dan latihan untuk menjadi seorang pemimpin. Jiwa kepemimpinan ini akan sangat bermanfaat bagi para anggota di masa yang akan datang dalam pekerjaannya, sehingga dapat menjadi seorang pemimpin yang tangguh, dicintai oleh mereka yang menjadi bawahannya, dapat bertindak adil dan obyektif.

7.  LOYALITAS
Ekstra Drum Band  dapat membangkitkan loyalitas(kesetiaan) anggota tidak hanya kepada unit dan orang tuanya, tetapi juga kepada pekerjaan dan perusahaannya.

8.  IDENTITAS KOMUNITAS
Ekstra Drum Band  sudah menjadi salah satu identitas komunitas. Generasi muda membutuhkan identitas dari komunitasnya. Mereka bisa lebih dikenal luas melalui berbagai perilaku, atribut dan ciri khas-ciri khas yang dimiliki oleh komunitas tersebut.

9.   HARGA DIRI
Ekstra Drum Band  dapat meningkatkan kebanggaan dan harga diri anggota melalui berbagai penampilan, prestasi dan penghargaan yang diterima olehnya. Kebanggaan dan harga diri ini dapat diarahkan untuk meningkatkan rasa percaya diri anggota, sehingga berani dalam menghadapi berbagai tantangan dan hambatan dalam hidupnya.

10. KEGEMBIRAAN
Kegiatan Drum Band  adalah kegiatan yang menyenangkan hati, yang dapat diperoleh dari lagu dan tari yang dimainkan, penampilan yang sukses, canda tawa antar anggota dan berbagai kegembiraan lainnya.

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA, KRITIK DAN SARAN YANG MEMBANGUN SELALU KAMI HARAPKAN, AGAR BLOG ADMIN MI FATHUL ULUM LEBIH BAIK DAN MENARIK LAGI