Madrasah Lebih Baik Lebih Baik Madrasah

Monday, October 23, 2017

RPP FIQIH KELAS 1 KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017











 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan    :    MI ________________________
Kelas / Semester        :    I (Satu) / 1
Mata Pelajaran            :    Fiqih
Pelajaran 1                   :    Islam Agamaku
Alokasi Waktu             :    2x3 Jam Pelajaran


A.    Kompetensi Inti (KI)
KI- 1   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI- 2   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung  jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI- 3   Memahami  pengetahuan  faktual  dengan  cara    mengamati  (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

B.   Kompetensi Dasar (KD)
1.1     Menerima kebenaran rukun Islam.
2.1     Menjalankan lima rukun Islam.
3.1     Memahami rukun Islam.

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi
Peserta didik mampu :
1.1.1    Menyebutkan rukun Islam secara urut.
2.1.1    Menghafal rukun Islam secara urut.
3.1.1    Menerapkan kebenaran rukun Islam.

D.   Tujuan Pembelajaran
§  Mengetahui rukun Islam secara berurutan dan mampu melafalkan syahadat dengan baik dan benar.
§  Mempraktikkan  gerakan salat yang benar disertai hafalan bacaan salat (hanya untuk yang telah mampu).
§  Memahami kewajiban berzakat dan mengetahui waktu penyerahan zakat
§  Membiasakan peserta didik agar dapat berlatih berpuasa pada bulan Ramadan.
§  Mengetahui  haji wajib bagi orang yang mampu dan setiap peserta didik diharapkan mempunyai cita-cita agar dapat melaksanakannya suatu hari nanti.
§  Membiasakan peserta didik agar dapat melaksanakan rukun Islam dalam kehidupan sehari-hari dan terbiasa untuk selalu disiplin, jujur, peduli dan bertanggung jawab dalam pelaksanaannya.

E.    Materi Pokok
§  Syahadat, salat, zakat, puasa dan haji

F.    Kegiatan Pembelajaran
Syahadat
a.  Pendahuluan
1)      Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
2)      Guru memeriksa kehadiran, posisi dan tempat duduk peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran.
3)      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
4)      Guru bersama dengan peserta didik bernyanyi lagu “Rukun Islam”.
5)      Untuk memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu yang lain, seperti gambar, VCD, TV, atau proyektor.
6)      Guru  dapat  menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan inkuiri (penemuan).

b.  Kegiatan Inti
1)        Guru bersama peserta didik kembali menyanyikan lagu “Rukun Islam”.
2)        Kemudian  melakukan  tanya  jawab berkaitan  dengan  lagu  yang  telah diyanyikan.
3)        Peserta didik bersama guru mengamati gambar bangunan tinggi yang kokoh dan gambar bangunan roboh di dalam buku peserta didik.
4)        Peserta didik diminta untuk membandingkan kedua gambar tersebut.
5)        Setiap peserta didik mengemukakan pendapat tentang gambar.
6)        Guru memberikan penguatan dari setiap pendapat peserta didik.
7)        Guru  menjelaskan akan pentingnya rukun  Islam sebagai dasar/pondasi seorang muslim yang diibaratkan dalam sebuah bangunan kokoh.
8)        Guru meminta peserta didik menyebutkan rukun Islam secara berurutan.
9)        Guru memberi penghargaan berupa bintang prestasi kepada peserta didik yang mampu menyebutkan rukun Islam secara urut dan tepat.
10)     Guru mempersiapkan beberapa kartu yang bertuliskan nama-nama rukun Islam secara acak.
11)     Peserta didik diminta mengurutkan kartu tersebut secara tepat.
12)     Guru meminta peserta didik untuk mengamati tulisan lafal syahadatain.
13)     Guru  bersama peserta didik  melafalkan dua  kalimah  syahadat beserta artinya.
14)     Peserta didik betsama teman di sampingnya mengulang-ulang lafal syahadatain beserta artinya sampai lancar.
15)     Peserta didik mengamati kembali sebuah gambar anak yang sedang membaca lafal syahadatain di depan  papan tulis.
16)     Guru mempersiapkan penggalan kata dari lafal syahadatain.
17)     Peserta didik diminta untuk menyusun penggalan lafal syahadatain menjadi kalimat yang utuh.
18)     Pada kolom “Insya Allah aku bisa ” peserta didik bersama-sama mengatakan “ Aku hafal dua kalimat syahadat” .
19)     Guru memberi penjelasan , setelah memahami syadatain kita harus meyakini bahwa “ Allah itu Maha Esa”.
20)     Pada kolom “tugasku” guru menugaskan peserta didik untuk melatih bacaan syahadat di hadapan orang tuanya kemudian diminta untuk melaporkan hasil pengamatan orangtua tentang kelancaran bacaan setiap peserta didik.

c.  Penutup
1)       Peserta didik membuat kesimpulan tentang syahadat.
2)       Guru meminta peserta didik mengulang materi pelajaran yang baru diberi kan di rumah masing-masing.
3)       Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama.

d.  Penilaian
1)    Berilah tanda silang pada huruf B jika benar dan S jika alah
a)     B - S   Tulisan di samping adalah lafal doa setelah makan.
b)     B - S   Rukun Islam yang pertama adalah zakat.
c)      B - S   Lafal syahadat selalu dibaca ketika umat Islam melakukan salat.
d)     B - S   Syahadat wajib dibaca bagi orang yang  baru masuk agama Islam.
e)     B - S        Syahadat adalah rukun Islam yang kedua.

2)    Kunci Jawaban
a.      Salah
b.      Salah
c.      Benar
d.      Benar
e.      Salah
Pedoman penskoran
Setiap soal memiliki nilai 20
Skor maksimal 5 × 20 = 100
Soal yang benar dikalikan nilai setiap soal
Penilaian sikap

Penilaian ini diambil dari penyusunan penggalan kata syahadat dan rukun Islam
No
Aspek
*Nilai
1
2
3
4
1
Penguasaan materi




2
Penguasaan nilai-nilai




3
Keaktifan




4
Kesantunan




Catatan : Nilai *
4 = Sangat baik             3  = Baik
2 = Sedang                    1  = Kurang baik
Sangat baik    =   Membudaya
Baik                  =   Mulai berkembang
Sedang            =   Mulai terlihat
Kurang baik    =   Belum terlihat

Keterangan
BT      : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum  memperlihatkan  tanda- tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT    :     Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan ada- nya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB   :     Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK   :     Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan peri- laku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

e. Pengayaan
Peserta didik yang sudah hafal syahadat diminta untuk membantu teman yang belum lancar melafalkan syahadat.

f.   Remedial
Peserta didik yang masih belum lancar menghafal bunyi kalimat syahadat ditugaskan untuk belajar pada teman yang telah mencapai kriteria ketuntasan maksimal.

g.  Interaksi Guru dan Orang Tua
Orang tua diminta laporan secara tertulis tentang keaktifan dan kelancaran siswa dalam  menghafal  dan  melaksanakan  syahadat  (  waktu  pengecekan syahadat dapat dilakukan ketika tasyahud akhir dalam salat atau secara langsung berhadapan dengan orangtua).

SHalat
a.  Pendahuluan
1)    Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama
2)    Guru memeriksa kehadiran,  posisi dan tempat duduk peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran.
3)    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
4)    Guru menanyakan sekilas tentang pelajaran yang lalu yaitu syahadat.
5)    Guru mengadakan tanya jawab untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik tentang salat.
6)    Untuk  memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, VCD, TV, atau proyektor.
7)    Guru dapat menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan inkuiri (penemuan).


b.  Kegiatan Inti
1)      Guru mengajak peserta didik untuk mengamati gambar anak yang sedang salat di dalam buku peserta didik.
2)      Setiap peserta didik untuk menanya hal-hal yang berkaitan dengan gambar kemudian mengemukakan pendapat tentang gambar tersebut.
3)      Guru memberikan penguatan dari setiap pendapat peserta didik.
4)      Guru menjelaskan akan pentingnya salat sebagai tiang agama.
5)      Peserta didik menyebutkan waktu salat beserta jumlah rakaatnya dengan bimbingan guru.
6)      Guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi lagu “Salat”.
7)      Pada kolom “Insya Allah aku bisa ”seluruh peserta didik diminta untuk melakukan salat bersama orangtuanya di rumah.
8)      Guru memberi penjelasan, setelah peserta didik mengetahui pentingnya salat maka mereka diminta untuk “ tidak lupa melaksanakan salat“.
9)      Pada kolom “tugasku” peserta didik diminta membuat laporan kegiatan salat selama satu minggu di rumah secara tertulis dan diketahui oleh orang tua.

c.  Penutup
1)      Peserta didik membuat kesimpulan tentang pentingnya salat dan rela melaksanakannya melalui pembiasaan sehari-hari.
2)      Guru  meminta  peserta  didik  mempraktikkan  salat di  rumah  masing- masing.
3)      Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama- sama.

d.  Penilaian
1)  Peserta didik diminta untuk mencari jawaban dari pertanyaan uraian dalam kotak yang tersedia.


Temukan kata yang berarti dalam kotak di bawah ini!
s
u
b
u
h
e
z
h
i
w
y
m
p
r
s
g
x
p
d
f
y
s
m
a
q
s
a
l
a
t
m
a
g
r
i
b

2)  Kunci Jawaban
a)    Empat
b)    Subuh
c)     Salat
d)    Maghrib
e)    Isya

3)    Pedoman penskoran
Setiap soal memiliki nilai 20
Skor maksimal 5 × 20 = 100
Soal yang benar dikalikan nilai setiap soal.

4)  Skala sikap
Penilaian ini diambil dari kolom “tugasku” laporan kegiatan salat yang dilakukan selama satu minggu.
No
Aspek
*Nilai
1
2
3
4
1
Kerajinan




2
Ketepatan waktu




3
Salat berjamaah




4
Tertib





Catatan : Nilai *
4 = Sangat baik                  3 = Baik
2 = Sedang                         1 = Kurang baik
Rentang skor           =   Skor maksimal-Skor minimal
                                   =   16 - 4
                                   =   12/4=3
Membudaya             =   Sangat baik
Mulai berkembang =   Baik
Mulai terlihat            =   Sedang
Belum terlihat          =   Kurang baik

e.  Pengayaan
Peserta didik yang sudah terbiasa melaksanakan salat diminta untuk berlatih menjadi imam.

f.   Remedial
Peserta didik yang belum mampu melakukan salat diminta untuk berlatih se- cara rutin melaksanakannya bersama orangtua di rumah.

g.  Interaksi Guru dan Orang Tua
Orang  tua  diminta  laporan secara tertulis  tentang  keaktifan peserta didik dalam melaksanakan salat ( laporan kegiatan salat yang dilakukan selama satu minggu).

Zakat
a.  Pendahuluan
1)  Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
2)  Guru memeriksa kehadiran, posisi dan tempat duduk peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran.
3)  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
4)  Guru bersama dengan peserta didik bernyanyi lagu rukun Islam.
5)  Untuk  memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, VCD, TV, atau proyektor.
6)  Guru  dapat  menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan inkuiri (penemuan).

b.  Kegiatan Inti
1)  Guru mengajak peserta didik untuk mengamati gambar anak yang sedang memberikan zakat di dalam buku peserta didik.
2)  Setiap peserta didik membuat suatu pernyataan yang berhubungan dengan gambar kemudian mengemukakan pendapat tentang gambar tersebut.
3)  Guru memberikan penguatan dan penjelasan tambahan dari setiap pendapat peserta didik.
4)  Guru menjelaskan hikmah berzakat yang berfungsi untuk membersihkan harta kita.
5)  Guru meminta peserta didik untuk menyusun potongan  gambar anak yang sedang meberikan zakat menjadi gambar yang utuh.
6)  Pada kolom “Insya Allah aku bisa ” peserta didik bersama-sama mengatakan
“ Zakat wajib ditunaikan”.
7)  Guru memberi penjelasan , setelah memahami perintah berzakat kita harus ingat bahwa dalam setiap harta yang kita miliki ada hak orang lai.
8)  Pada kolom “tugasku” guru menugaskan peserta didik untuk memberikan zakat kepada tetangga yang memerlukan bantuan.

c.  Penutup
1)  Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang zakat.
2)  Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama- sama.

d.  Penilaian
1)  Tarik garis dari pertanyaan pada jawaban di dalam kotak!
a)     Zakat fitrah dilaksanakan pada bulan....
b)     Zakat adalah rukun Islam....
c)     Orang yang berhak menerima zakat adalah....
d)     Untuk membersihkan harta kita harus   mengeluarkan....

2)     Kunci Jawaban
a.     Ramadan
b.     Ke-3
c.      Fakir miskin
d.     Zakat

3)   Pedoman penskoran
Setiap soal memiliki nilai 25
Skor maksimal 5 × 25 = 100
Soal yang benar dikalikan nilai setiap soal

e.  Pengayaan
Peserta didik diminta untuk mencari gambar yang berkaitan dengan zakat dari buku sumber di perpustakaan.

f.   Remedial
Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang memiliki muatan sama de- ngan soal yang telah dikerjakan.
g.  Interaksi Guru dan Orang Tua
Orang tua diminta mengajak peserta didik ketika memberi bantuan zakat ke- pada tetangga di sekitar rumah.

Puasa
a.  Pendahuluan
1)  Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
2)  Guru memeriksa kehadiran, posisi dan tempat duduk peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran.
3)   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
4)  Guru   melakukan  tanya  jawab  tentang   materi  yang  telah  diberikan sebelumnya.
5)  Untuk  memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, VCD, TV, atau proyektor.
6)  Guru  dapat  menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan inkuiri (penemuan).

b.  Kegiatan Inti
1)  Guru mengajak peserta didik untuk mengamati gambar anak berbuka puasa bersama keluarganya di dalam buku peserta didik.
2)  Setiap peserta didik mengemukakan pendapat tentang gambar.
3)  Guru memberikan penguatan dan penjelasan dari setiap pendapat peserta didik.
4)  Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian puasa.
5)  Guru  menjelaskan hikmah pentingnya puasa sebagai latihan agar dapat merasakan apa yang dialami oleh orang yang kurang mampu.
6)  Guru bersama peserta didik melafalkan niat puasa dan doa berbuka puasa.
7)  Pada kolom “insya Allah aku bisa ” peserta didik bersama-sama mengatakan “ Aku sudah bisa berpuasa”.
8)  Guru memberi penjelasan , setelah memahami pengertian puasa kita harus mengetahui bahwa Allah melarang berbuka puasa di siang hari.
9)  Pada  kolom  “tugasku” guru  menugaskan  peserta  didik  untuk  berlatih berpuasa pada bulan Ramadan.

c.  Penutup
1)      Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang puasa.
2)      Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama.

d.  Penilaian
1)      Berilah tanda ceklis (√) pada kolom setuju (S) atau kolom tidak setuju (TS) sesuai pendapatmu.
No
Pernyataan
Setuju
Tidak Setuju
1
Puasa Ramadan wajib dilakukan umat Islam


2
Makan sahur dianjurkan sebelum berpuasa


3
Saat berpuasa diperbolehkan minum kalau terasa haus


4
Puasa adalah rukun Islam kedua


5
Niat berpuasa tidak perlu dilakukan



2)      Kunci jawaban


No
Aspek
*Nilai
1
2
3
4
1
Penguasaan materi




2
Penguasaan nilai-nilai




3
Keaktifan




4
Ketepatan





Catatan : Nilai *
4 = Sangat baik

3 = Baik
2 = Sedang

1 = Kurang baik
Rentang skor
=
Skor maksimal-Skor minimal

=
16 - 4

=
12/4

=
3
MK
=
14 -16
MB
=
11 -13
MT
=
7 - 10
BT
=
4 - 6

Keterangan :
BT      : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum  memperlihatkan  tanda- tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator)
MT      : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan ada nya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten)
MB      : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berba gai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten)
MK      : Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan peri- laku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten)
Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

e.  Pengayaan
Peserta didik diminta untuk mencari gambar yang berkaitan dengan puasa dari buku sumber yang berbeda di perpustakaan.

f.   Remedial
Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang memiliki muatan sama de- ngan soal yang telah dikerjakan sebelumnya.

g.  Interaksi Guru dan Orang Tua
Orang  tua diminta  untuk  membiasakan peserta didik melaksanakan puasa
Ramadan semampunya.

Haji
a.  Pendahuluan
1)     Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama
2)     Guru memeriksa kehadiran, posisi dan tempat duduk peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran
3)     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
4)     Untuk  memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, VCD, TV, atau proyektor.
5)     Guru dapat menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, de- monstrasi, dan inkuiri (penemuan)

b.  Kegiatan Inti
1)        Guru mengajak peserta didik untuk mengamati gambar orang yang berada di depan baitullah di dalam buku
2)        Setiap peserta didik mengemukakan pendapat tentang gambar tersebut.
3)        Guru memberikan penguatan dan penjelasan dari setiap pendapat peserta didik.
4)        Guru menjelaskan pengertian haji.
5)        Guru meminta peserta didik berkumpul di depan kelas dan membentuk kelompok berbanjar untuk bermain pesan berantai.
6)        Peserta didik memilih salah satu temannya untuk menjadi ketua kelompok.
7)        Setiap ketua kelompok diberi petunjuk untuk menghafal satu kalimat yang berkaitan dengan haji, misalnya : haji rukun Islam kelima, baitullah di kota Mekah, Ka’bah kiblat umat Islam dan seterusnya.
8)        Ketua kelompok membisikkan pesan tersebut kepada teman di sampingnya kemudian teman kedua menyampaikannya kepada teman selanjutnya, dan seterusnya sampai teman yang terakhir .
9)        Peserta didik terakhir  langsung mengucapkan “alhamdulillah  aku tahu” setelah pesan tersebut sampai kepadanya.
10)     Guru meminta peserta didik untuk mengingat pesan tersebut sampai seluruh kelompok menyelesaikan permainan.11)Peserta    didik    terakhir yang menerima pesan diminta  untuk  menyampaikan isi pesan tersebut secara bergantian.
11)     Seluruh peserta didik menilai kelompok yang isi pesannya paling tepat.
12)     Kelompok yang isi pesannya paling tepat itulah pemenangnya.
13)     Pada kolom “insyaallah aku bisa ” peserta didik bersama-sama mengatakan “ Aku sudah tahu rukun Islam kelima”.
14)     Pada kolom “tugasku”guru menugaskan peserta didik untuk menanyakan kepada orang tua siapa saja saudara di keluarganya yang telah melaksanakan haji.

c.  Penutup
1)        Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang pengertian haji.
2)        Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama.

d.  Penilaian
1)  Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik .
Hubungkan pertanyaan pada lajur kiri dengan jawaban pada lajur kanan!
a)  Ibadah haji merupakan rukun Islam yang ke....
b)  Baitullah berada di kota....
c)  Haji wajib bagi orang yang....
d)  Kiblat umat Islam adalah....

2)  Kunci Jawaban
a)    Lima
b)    Mekah
c)    Mampu
d)    Kakbah

3)  Pedoman penskoran
Setiap soal memiliki nilai 25
Skor maksimal 4 × 25 = 100
Soal yang benar dikalikan nilai setiap soal

e.  Pengayaan
Peserta didik diminta untuk mencari gambar yang berkaitan dengan haji dari buku sumber yang berbeda di perpustakaan.

f.   Remedial
Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang memiliki muatan sama dengan soal yang telah dikerjakan.

g.  Interaksi Guru dan Orang Tua
Peserta didik diminta untuk menanyakan kepada orang tua siapa saja saudara di keluarga yang telah melaksanakan haji.

6.  Uji kompetensi pelajaran 1
Pada kolom ayo berlatih siswa diminta untuk mengurutkan gambar sesuai dengan rukun Islam
Skor maksimal        = 100 (urutannya tepat)
Salah satu                = 75
Salah dua                 = 50
Salah tiga                 = 25




Mengetahui
Kepala MI,



( ___________________ )
NIP/NIK .............................

......, ........................ 20 .....
Guru Mata Pelajaran



( ___________________ )
NIP/NIK .............................








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan    :    MI ________________________
Kelas / Semester        :    I (Satu) / 1
Mata Pelajaran            :    Fiqih
Pelajaran 2                   :    Allah Tuhanku Muhammad Nabiku
Alokasi Waktu             :    2x3 Jam Pelajaran


A.    Kompetensi Inti (KI)
KI- 1   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI- 2     Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung  jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI- 3     Memahami  pengetahuan  faktual dengan  cara   mengamati    (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI- 4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   Kompetensi Dasar (KD)
1.2     Meyakini kebenaran kalimat syahadatain.
2.2     Mengamalkan ketentuan syahadatain.
3.2     Memahami syahadatain.
4.2     Menyajikan arti kalimat syahadatain.

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi
Peserta didik mampu :
1.2.1    Menyadari kalimat syahadatain datang dari Allah Swt dan Rasul-Nya.
1.2.2    Menghafal syahadatain dengan benar.
2.2.1    Menghafal syahadat tauhid beserta artinya dengan baik.
2.2.2    Menghafal syahadat rasul beserta artinya dengan baik.
3.2.1    Mengetahui manfaat membaca kalimat syahadatain.
4.2.1    Menghayati  hikmah bacaan kalimat syahadatain.

D.   Tujuan Pembelajaran
§  Menghafal dua kalimat syahadat beserta artinya dengan baik dan benar dan mengetahui manfaat serta hikmah membaca dua kalimat syahadatain.

E.    Materi Pokok
§  Syahadatain

F.    Kegiatan Pembelajaran
1.  Pendahuluan
a.   Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
b.  Guru  memeriksa kehadiran, posisi dan  tempat  duduk  peserta didik  yang menunjang kegiatan pembelajaran.
c.  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
d.  Guru menanyakan sekilas tentang pelajaran sebelumnya.
e.  Untuk memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, VCD, TV, atau proyektor.
f.    Guru dapat menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan inkuiri (penemuan).

2.  Kegiatan Inti
a.      Guru meminta peserta didik mengamati gambar orang yang sedang menyembah berhala.
b.      Peserta didik diminta  satu persatu memberikan pendapat  tentang  kegiatan yang dilakukan oleh orang tersebut.
c.      Guru memberikan penguatan dan tambahan penjelasan tentang pengertian dua kalimat syahadat dari setiap pendapat peserta didik yang berhubungan dengan gambar.
d.      Guru mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu “Allah Satu”.
e.      Guru menuntun peserta didik untuk menghafal kalimat syahadat tauhid beserta artinya secara bersama-sama.
f.       Guru meminta peserta didik mengulang lafal syahadat tauhid secara berkelompok kemudian dilanjutkan secara individu.
g.      Guru kembali menuntun peserta didik untuk menghafal kalimat syahadat rasul beserta artinya secara bersama-sama.
h.      Guru meminta peserta didik mengulang lafal syahadat rasul secara berkelom- pok kemudian dilanjutkan secara individu
i.        Guru meminta peserta didik untuk mengamati gambar orang tasyahud akhir
j.        Peserta didik diajak tanya jawab tentang gambar tersebut
k.      Guru menguatkan pendapat peserta didik dengan manfaat membaca dua kali- mat syahadat
l.        Peserta didik secara individu diminta untuk menghafal sau persatu di depan kelas.
m.     Pada kolom “Insya Allah aku bisa”  peserta didik diminta untuk melafalkan kalimat syahadat tauhid dan syahadat rasul beserta artinya secara bersama- sama.
n.      Pada kolom “Hati-hati” peserta didik diminta untuk menguatkan keyakinan bahwa penyembahan seorang muslim hanyalah kepada Allah Swt.
o.      Pada kolom “Tugasku” peserta didik ditugaskan untuk menebalkan tulisan arab lafal syahadatain.

3.  Penutup
a.  Peserta didik membuat kesimpulan tentang pentingnya syahadatain dan rela melaksanakannya.
b.  Guru meminta peserta didik mempraktikkan dua kalimat syahadatain dalam kegiatan salat di rumah masing-masing.
c.  Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama.

G.   Penilaian
1.    Pada kolom “Ayo Menjawab” peserta didik diminta untuk mengerjakan 2 buah soal.
a.  Kunci Jawaban
1)  Allah
2)  Nabi Muhammad

b.  Pedoman Penskoran
Setiap soal memiliki nilai       = 50
Benar dan lengkap                 = 100
Benar dengan 1 jawaban      = 50
Tidak menjawab/salah           = 0

2.    Pada kolom “ayo berlatih” peserta didik diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan
a.  Kunci Jawaban
1)  Satu
2)  Tauhid
3)  Persaksian/Pengakuan
4)  Rasul
5)  Syahadatain

b.  Pedoman Penskoran
Setiap soal memiliki nilai       = 20
Benar dan lengkap                 = 100
Benar dengan 1 jawaban      = 20
Benar dengan 2 jawaban      = 40
Benar dengan 3 jawaban      = 60
Benar dengan 4 jawaban      = 80
Tidak menjawab/salah           = 0

H.   Pengayaan
Peserta didik yang sudah hafal syahadatain diminta untuk membantu teman yang belum lancar melafalkannya.

I.   Remedial
Peserta didik yang masih belum lancar menghafal bunyi kalimat syahadatain ditugaskan untuk belajar pada teman yang telah mencapai kriteria ketuntasan maksimal.

J.   Interaksi Guru dan Orang Tua
Orang tua diminta laporan secara tertulis tentang keaktifan dan kelancaran siswa dalam menghafal dan melaksanakan syahadat (contoh waktu pengecekan saat pelaksanaan tasyahud akhir dalam salat).



Mengetahui
Kepala MI,



( ___________________ )
NIP/NIK .............................

......, ........................ 20 .....
Guru Mata Pelajaran



( ___________________ )
NIP/NIK .............................














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan    :    MI ________________________
Kelas / Semester        :    I (Satu) / 2
Mata Pelajaran            :    Fiqih
Pelajaran 3                   :    Allah Mencintai Yang Suci
Alokasi Waktu             :    2x3 Jam Pelajaran


A.    Kompetensi Inti (KI)
KI- 1   : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung  jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI- 3  :  Memahami  pengetahuan  faktual dengan  cara   mengamati    (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI- 4.:   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   Kompetensi Dasar (KD)
1.3     Mengamalkan perintah bersuci dari hadas dan najis.
2.3     Membiasakan bersuci dari hadas dan najis.
3.3     Memahami kaifiah bersuci dari hadas dan najis.
4.1     Mensimulasikan tata cara bersuci dari hadas dan najis.

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi
Peserta didik mampu :
1.3.1    Menyadari bersuci dari hadas dan najis merupakan perintah Allah Swt.
1.3.2    Mengetahui pengertian bersuci dari hadas dan najis.
2.3.1    Menyadari bersuci dari hadas dan najis merupakan perintah Allah.
3.3.1    Menyebutkan macam-macam hadas dan najis.
3.3.2    Menyadari bersuci dari hadas dan najis merupakan perintah Allah.
4.1.1    Membiasakan bersuci dari hadas dan najis.
4.1.2    Membiasakan melaksanakan tata cara bersuci dari hadas dan najis yang benar.

D.   Tujuan Pembelajaran
§  Menjelaskan pengertian thaharah  (bersuci) dengan bahasa yang dikuasai   oleh peserta didik.
§  Menyebutkan  3 macam najis : najis berat, najis sedang dan najis ringan ( disajikan contoh benda dan cara mensucikannya) kemudian peserta didik diharapkan untuk dapat menjaga lingkungannya terhindar dari najis tersebut.
§  Mempraktikkan  cara  bersuci  yang  dicontohkan  Rasulullah  saw, mengetahui anjuran dan larangan di dalam kamar mandi dan mampu menghafal doa masuk dan keluar kamar mandi.

E.    Materi Pokok
§  Arti thaharah, macam-macam najis dan tata carabersuci.

F.    Kegiatan Pembelajaran
Arti thaharah
a.  Pendahuluan
1)    Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
2)    Guru memeriksa kehadiran, posisi dan tempat duduk peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran.
3)    Guru sekilas mengulang materi yang lalu.
4)    Guru bersama dengan peserta didik bernyanyi lagu “bangun tidur”.
5)    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
6)    Untuk  memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, VCD, TV, atau proyektor.
7)    Guru  dapat  menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan inkuiri (penemuan).

b.  Kegiatan Inti
1)       Guru mengajak peserta didik untuk mengamati gambar anak berwudlu di dalam buku peserta didik.
2)       Setiap peserta didik mengemukakan pendapat tentang gambar tersebut.
3)       Setiap peserta didik menanya tentang isi lagu.
4)       Guru memberikan penguatan  dan penjelasan dari setiap pendapat peserta didik.
5)       Guru kembali mengajak peserta didik untuk mengamati gambar pakaian bersih dari najis di dalam buku peserta didik.
6)       Guru meminta para peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya ten- tang gambar tersebut.
7)       Guru memberikan penjelasan dan penguatan dari pengertian thaharah dan istinja (cebok).
8)       Pada kolom “insya Allah aku bisa ” peserta didik bersama-sama mengatakan “ Aku sudah bisa mandi sendiri”.
9)       Guru memberi penjelasan, setelah memahami pengertian thaharah peserta didik senantiasa dapat menjaga kebersihan.
10)    Pada  kolom “tugasku” peserta didik  diminta  untuk  berlatih    beristinja
11)    (cebok) menggunakan tangan kiri dan tidak buang air kecil sembarangan.

c.  Penutup
1)    Guru  bersama peserta  didik  membuat  kesimpulan  tentang  pengertian thaharah
2)    Guru meminta peserta didik menerapkan materi pelajaran yang baru dibe- rikan di rumah masing-masing
3)    Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama- sama

d.  Penilaian
1)  Skala sikap
Penilaian ini diambil dari penilaian diri dengan memberi tanda ceklis pada kolom “ya” atau “tidak”
Berilah tanda ceklis (√) pada kolom “ya” atau “tidak”
No
Kegiatan
Ya
Tidak
1
Aku buang air di parit


2
Aku mandi dahulu sebelum berangkat sekolah


3
Aku suka bermain di tempat kotor


4
Aku senang pakaianku bersih dan rapi



2). Skor Penilaian
No
Aspek
*Nilai
1
2
3
4
1
Penguasaan materi




2
Penguasaan nilai-nilai




3
Keaktifan




4
Kesantunan




Catatan : Nilai *
4 = Sangat baik                        3 = Baik
2 = Sedang                               1 = Kurang baik

Rentang skor             =   Skor maksimal-Skor minimal
                                     =  16 - 4
                                     =  12/4
                                     =  3
Membudaya               =  14 -16
Mulai berkembang   =  11 -13
Mulai terlihat              =  7 - 10
Belum terlihat            =  4 - 6

e.  Pengayaan
Peserta didik yang sudah terbiasa hidup bersih diminta untuk selalu mengi- ngatkan teman yang masih kurang menjaga kebersihan.

f.   Remedial
Peserta didik yang masih belum memahami pengertian bersuci dengan benar ditugaskan untuk belajar pada teman yang telah mencapai kriteria ketuntasan maksimal.

g.  Interaksi Guru dan Orang Tua
Orang tua diminta ikut berperan serta dalam menjaga kebersihan diri peserta didik dan lingkungannya dengan senantiasa membiasakan beristinja (cebok) menggunakan tangan kiri dan selalu buang air pada tempatnya.

Macam-macam najis
a.  Pendahuluan
1)     Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama
2)     Guru memeriksa kehadiran, posisi dan tempat duduk peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran.
3)     Guru sekilas mengulang materi yang lalu.
4)     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
5)     Untuk  memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, VCD, TV, atau proyektor.
6)     Guru  dapat  menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan inkuiri (penemuan).

b.  Kegiatan Inti
1)     Guru  bertanya jawab untuk mengetahui pemahaman awal peserta didik tentang macam-macam najis.
2)     Setiap peserta didik mengemukakan pendapat tentang pemahaman mereka.
3)     Guru memberikan penjelasan dan  penguatan dari setiap pendapat peserta didik.
4)     Guru menjelaskan macam-macam najis.
5)     Peserta didik diminta mengamati gambar macam-macam najis.
6)     Setiap peserta didik mengemukakan pendapat tentang gambar tersebut.
7)     Pada kolom “Insya Allah aku bisa ” peserta didik bersama-sama mengatakan “ Aku sudah tahu macam-macam najis dan pasti kuhindari”.
8)     Setelah mengetahui macam-macam najis peserta didik diminta senantiasa memperhatikan lingkungan sekitar agar terhindar dari najis.
9)     Pada kolom “tugasku” peserta didik diminta untuk menemukan contoh najis di sekitar rumah.

c.  Penutup
1)     Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang macam-macam najis.
2)     Guru  meminta  peserta didik menerapkan   materi  pelajaran yang baru diberikan di rumah masing-masing agar dapat terhindar dari najis.
3)     Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama- sama.

d.  Penilaian
1)  Soal
1.  Gambar di samping termasuk najis....
2.  Membersihkan najis yang salah satunya menggunakan tanah merupa- kan cara mensucikan najis....
3.  Najis sedang dicuci sampai hilang....
4.  Air kencing bayi termasuk najis....
5.  Air liur anjing termasuk najis....

2)  Kunci Jawaban
i.     Sedang
ii.    Berat
iii.   Bau, rasa dan warna
iv.   Ringan
v.    Berat

3)  Pedoman Penskoran
Setiap soal memiliki nilai 20
Skor maksimal 5 × 20 = 100
Soal yang benar dikalikan nilai setiap soal

e.  Pengayaan
Peserta didik yang sudah terbiasa menghindari  najis diminta  untuk  selalu mengingatkan teman yang masih kurang menjaga najis.

f.   Remedial
Peserta didik yang masih belum hafal macam-macam najis ditugaskan untuk belajar bersama teman yang telah mencapai kriteria ketuntasan maksimal.

g.  Interaksi Guru dan Orang Tua
Orang tua diminta  berperan serta dalam menjaga diri dan lingkungan peserta didik agar selalu terhindar dari najis.

Tata caraBersuci
a.  Pendahuluan
1)     Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik     berdoa bersama
2)     Guru memeriksa kehadiran, posisi dan tempat duduk peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran
3)     Guru sekilas mengulang materi yang lalu
4)     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
5)     Untuk memperjelas uraian, guru dapat menggunakan   alat bantu, seperti gambar, VCD, TV, atau proyektor.
6)     Guru dapat menggunakan metode pembelajaran    ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan inkuiri (penemuan)

b.  Kegiatan Inti
1)     Peserta didik diminta untuk mengamati beberapa gambar anak yang akan masuk ke kamar mandi dan seterusnya.
2)     Setiap peserta didik mennyimpulkan isi gambar dengan mengemukakan pendapat mereka.
3)     Guru memberikan tambahan penjelasan dan penguatan dari setiap penda- pat peserta didik
4)     Guru menjelaskan hal-hal yang dilarang dilakukan saat buang air, tata cara buang air di kamar mandi dan perbuatan yang dilarang di dalam kamar mandi.
5)     Peserta didik diminta mendiskusikan dengan teman sebangku tentang tata cara bersuci.
6)     Peserta didik mengemukakan pendapat tentang hasil diskusi kecil yang me- reka lakukan.
7)     Pada kolom “Insya Allah aku bisa ” peserta didik bersama-sama mengatakan “ Aku bisa tertib saat ke kamar mandi”.
8)     Setelah mengetahui tata cara bersuci peserta didik diingatkan agar tidak bermain air saat di kamar mandi.
9)     Pada kolom “tugasku” peserta didik dianjurkan untuk selalu buang air di tempat yang seharusnya.

c.  Penutup
1)     Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang tata cara bersuci yang dicontohkan Rasulullah saw.
2)     Guru meminta peserta didik menerapkan materi pelajaran yang baru dibe- rikan di rumah masing-masing
3)     Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama- sama.

d.  Penilaian
Soal
1)   Rasulullah melarang buang air sambil....
2)  Masuk kamar mandi dahulukan kaki bagian....
3)  Keluar kamar mandi membaca....
4)  Setelah buang air kotorannya harus di....
5)  Diupayakan tidak boleh menghadap kiblat saat....


Kunci Jawaban
1)  berdiri
2)  kiri
3)  doa
4)  siram
5)  buang air
Pedoman Penskoran
Setiap soal memiliki nilai 20
Skor maksimal 5 × 20 = 100
Soal yang benar dikalikan nilai setiap soal

e.  Pengayaan
Peserta  didik  yang sudah  terbiasa mempraktikkan  tata  cara bersuci yang benar diminta untuk selalu mengingatkan teman yang masih kurang menjaga kebersihan.

f.   Remedial
Peserta  didik  yang masih  belum  memahami  tata  carabersuci dengan  baik ditugaskan untuk belajar pada teman yang telah mencapai kriteria ketuntasan maksimal

g.  Interaksi Guru dan Orang Tua
Orang tua diminta   berperan serta dalam menjaga kebersihan diri dan ling- kungan agar terhindar dari najis dan selalu berperilaku hidup sehat .


Manfaat Bersuci
a.  Pendahuluan
1)        Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama
2)        Guru memeriksa kehadiran, posisi dan tempat duduk peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran
3)        Guru sekilas mengulang materi yang lalu
4)        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
5)        Untuk  memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, VCD, TV, atau proyektor.
6)        Guru dapat menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, de- monstrasi, dan inkuiri (penemuan)


b.  Kegiatan Inti
1)      Peserta didik diminta untuk mengamati gambar rumah yang bersih dan asri
2)      Setiap peserta didik memberikan pendapat berkaitan dengan gambar tersebut .
3)      Guru memberikan penjelasan dan penguatan dari setiap pendapat peserta didik
4)      Guru menjelaskan manfaat bersuci apabila dilaksanakan secara terus menerus
5)      Pada  kolom”Insya Allah  aku  bisa” seluruh peserta didik  mengucapkan kalimat  secara bersama-sama  bahwa  mereka  akan  senantiasa  menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
6)      Setelah mengetahui manfaat bersuci maka peserta didik diminta untuk se- lalu membuang sampah pada tempatnya.
7)      Pada kolom “tugasku” setelah mendapat contoh dari guru   peserta didik diminta  untuk  mempraktikkan  cara beristinja (cebok) dengan  baik  di sekolah dan di rumah.

c.  Penutup
1)        Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang manfaat bersuci.
2)        Guru meminta peserta didik menerapkan materi pelajaran yang baru diberikan di rumah masing-masing
3)        Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama- sama

d.  Penilaian
1)  Peserta didik diminta untuk mencari perbedaan rumah yang bersih dan tidak bersih, kemudian menuliskan 3 benda yang menjadi sumber najis
Amati kedua gambar rumah di atas, tentukan benda yang menjadi sumber najis.
3  benda yang menjadi sumber najis adalah....
Kunci Jawaban : Air liur anjing, dst

Pedoman Penskoran
Benar dan lengkap              = 100
Benar dengan 1 jawaban    = 33
Benar dengan 2 jawaban    = 66
Benar dengan 3 jawaban    = 100
Tidak menjawab/salah       = 0

2)  Ayo Berlatih semester 1
Kunci jawaban
Menjodohkan 1
1 - Syahadat
2 - salat
3 - zakat
4 - puasa
5 - haji
Pedoman penskoran
Setiap soal memiliki nilai 20
Skor maksimal 5 × 20 = 100
Soal yang benar dikalikan nilai setiap soal
Menjodohkan 2
Gambar 1 – aku dapat mengerjakan salat
Gambar 2 – hati-hati najis berat
Gambar 3 – aku senang membantu ibu membersihkan rumah
Gambar 4 – alhamdulillah aku hafal syahadatain Gambar 5 – aku tidak termasuk anak kotor Pedoman Penskoran
Setiap soal memiliki nilai 10
Skor maksimal 10 × 10 = 100
Soal yang benar dikalikan nilai setiap soal

e.  Pengayaan
Peserta didik yang sudah memhami tentang thaharah  dengan baik diminta membaca buku sumber yang lain untuk menambah wawasan mereka.

f.   Remedial
Peserta didik yang masih belum memahami thaharah dengan baik ditugaskan untuk mengerjakan kembali soal yang memiliki muatan sama.

g.  Interaksi Guru dan Orang Tua
Orang tua diminta  untuk senantiasa mengarahkan dan mengingatkan peserta didik agar dapat melaksanakan cara beristinja (cebok) yang baik dalam kehidupan sehari-hari.




Mengetahui
Kepala MI,



( ___________________ )
NIP/NIK .............................

......, ........................ 20 .....
Guru Mata Pelajaran



( ___________________ )
NIP/NIK .............................







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan    :    MI ________________________
Kelas / Semester        :    I (Satu) / 2
Mata Pelajaran            :    Fiqih
Pelajaran 4                   :    Bersuci  Itu Mudah
Alokasi Waktu             :    2x3 Jam Pelajaran


A.    Kompetensi Inti (KI)
KI- 1   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI- 2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung  jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI- 3 Memahami  pengetahuan  faktual dengan  cara   mengamati    (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI- 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   Kompetensi Dasar (KD)
1.1     Menerima tata carawudlu.
1.2     Menghayati manfaat wudlu.
1.3     Mengamalkan hikmah wudlu.
2.1     Membiasakan wudlu setiap akan salat.
2.2     Membiasakan wudlu setiap saat.
2.3     Menjaga kesucian diri dari dari hadas dan najis.
3.1     Memahami tata cara wudlu yang benar.
3.2     Mengidentifikasi hal-hal yang membatalkan wudlu.
3.3     Memahami manfaat dan hikmah wudlu.
4.1     Mempraktikkan tata carawudlu.
4.2     Menghafal doa setelah wudlu.
4.3     Menceritakan manfaat wudlu.

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi
Peserta didik mampu :
1.1.1    Menunjukkan tata cara dan urutan wudhu
1.2.1    Mengetahui manfaat wudlu
1.3.1    Menyadari hikmah wudlu.
1.3.2    Membiasakan hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.1    Menunjukkan wudlu setiap akan salat
2.2.1    Membiasakan hidup bersih dalam kehidupan sehari- hari
3.1.1    Menunjukkan tata cara wudlu yang benar
3.2.1    Menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudhu
3.3.1    Menunjukkan manfaat dan hikmah wudlu
4.1.1    Mempraktikkan tata carawudlu yang baik dan benar.
4.2.1    Menghafal doa setelah wudlu dengan baik.
4.3.1    Mengidentifikasi manfaat wudlu

D.   Tujuan Pembelajaran
§  Memahami tata cara wudlu dengan benar dan mampu mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.
§  Setelah  peserta  didik  mengeksplorasi pengalaman  yang  telah  mereka  miliki dengan penjelasan yang disampaikan guru maka peserta didik diharapkan mampu menunjukkan hal-hal yang membatalkan wudlu dengan tepat.
§  Menjelaskan manfaat yang akan dirasakan oleh peserta didik setelah melaksanakan wudlu yang benar.
§  Membiasakan sikap jujur, santun, peduli, kerja sama, percaya diri, dan disiplin dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di rumah sebagai penerapan nilai wudlu.

E.    Materi Pokok
§  Tata carawudlu, hal-hal yang membatalkan wudlu dan manfaat wudlu.

F.    Kegiatan Pembelajaran
Tata cara wudlu
a.  Pendahuluan
1)        Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama
2)        Guru memeriksa kehadiran, posisi dan tempat duduk peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran
3)        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
4)        Guru menanyakan sekilas tentang pelajaran yang lalu
5)        Guru mengadakan tanya jawab untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik tentang wudlu
6)        Guru bersama dengan peserta didik bermain “tepuk wudlu”
7)        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
8)        Untuk  memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, VCD, TV, atau proyektor.
9)        Guru  dapat  menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan inkuiri (penemuan).

b.  Kegiatan Inti
1)        Guru mengajak peserta didik untuk mengamati gambar anak berwudlu di dalam buku peserta didik.
2)        Guru membantu setiap peserta didik membuat pertanyaan tentang gambar yang diamati  (pandu dengan kata tanya apa, mengapa, bagaimana). Hendaknya guru sabar menunggu pertanyaan muncul dari siswa karena tahap menanya merupakan perbedaan utama Kurikulum 2013 dengan sebelum- nya.
3)        Guru meminta siswa yang lain mendengarkan tiap kali ada siswa lain yang bertanya. Kalau ada anak yang ramai sendiri diminta menirukan (untuk mendidik sikap peduli dan guru mencatat siswa yang sulit mendengarkan)
4)        Pertanyaan dilempar guru untuk dijawab siswa lain dan guru memberikan jawaban jika siswa tidak ada yang menjawab.
5)        Guru  kembali mengajak peserta didik untuk mengamati gambar urutan wudlu dari mulai niat sampai tertib di dalam buku peserta didik (guru dapat menyajikan gambar melalui VCD atau proyektor).
6)        Guru meminta para peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya tentang gambar tersebut.
7)        Guru mempersiapkan gambar-gambar tersebut dalam potongan kertas.
8)        Peserta didik diminta untuk menyusun gambar tersebut dari gerakan pertama wudlu sampai tertib/selesai.
9)        Peserta didik yang selesai paling awal diberi reward dengan bintang prestasi
10)     Guru memberikan penguatan dan penjelasan tentang syarat sah, rukun dan sunah wudlu.
11)     Peserta didik diminta  untuk  mengamati  gambar gerakan rukun  wudlu dengan seksama.
12)     Guru menguatkan bahwa rukun wudlu merupakan gerakan-gerakan inti yang harus dilakukan dalam berwudlu.
13)     Kemudian  peserta  didik  diajak  untuk  mengikuti  bacaan    niat  wudlu yang dilafalkan dengan cara dipenggal oleh guru sampai kemudian utuh seluruhnya, guru memberi  pengertian  bahwa ada beberapa orang yang melafalkan niat wudlu secara lisan adapula yang dalam hati.
14)     Peserta didik diminta secara berkelompok untuk menghafalkan niat wudlu
15)     Guru kemudian meminta salah satu peserta didik untuk membacakan niat wudlu secara utuh.
16)     Selanjutnya guru melafalkan doa setelah wudlu dengan cara dipenggal, peserta didik mengikuti, dan seterusnya.
17)     Peserta didik diminta untuk mempraktikkan tata carawudlu yang baik dan benar di dalam kelas tanpa menggunakan media air.
18)     Pada kesempatan yang lain guru melihat satu persatu gerakan dan tata carawudlu setiap peserta didik dengan menggunakan air langsung.
19)     Pada kolom “insya Allah aku bisa ” peserta didik bersama-sama mengatakan “ Aku bisa berwudlu secara tertib, setiap mau salat aku berwudlu” kemudian peserta didik diajak  mengucapkan “aku tidak boleh kasar kepada teman karena saya sudah berwudlu, mulutku harus jujur karena mulutku sudah berwudlu, tanganku tidak boleh menyakiti teman karena tanganku sudah berwudlu, kakiku kulangkahkan untuk hal berguna karena sudah berwudlu”.
20)     Guru memberi penjelasan , setelah memahami tata carawudlu yang benar peserta didik diminta untuk dapat menghemat  air yang digunakan saat berwudlu.

c.  Penutup
1)        Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang tata cara wudlu yang benar.
2)        Guru  meminta  peserta didik menerapkan   materi  pelajaran yang baru diberikan di rumah masing-masing.
3)        Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama- sama....

d.  Penilaian
1)  Skala sikap
Peserta didik diminta untuk menghubungkan tulisan dengan gambar yang tepat
Hubungkan antara gambar dengan kalimat yang sesuai!
No
Aspek
Nilai*
1
2
3
4
1
Mau berwudlu tiap akan salat




2
Mau berdoa setelah wudlu




3
Tidak pernah berkata kasar




4
Tidak menyakiti teman/ orang lain dengan tangan maupun kakinya




5
Jujur melakukan dan berkata sebagai penerapan nilai wudlu




6
Mau mendengarkan ketika teman/guru berbicara




7
Mau melakukan semua tugas yang diperintahkan





No
Aspek
Nilai*
1
2
3
4
1
Penguasaan materi




2
Penguasaan nilai-nilai




3
Keaktifan




4
Ketepatan




Catatan : Nilai *
4 = Sangat baik                        3 = Baik
2 = Sedang                               1 = Kurang baik
Rentang skor    =   Skor maksimal-Skor minimal
                            =  16 - 4
                            =  12/4
                            =  3
MK      =   14 -16
MB      =   11 -13
MT      =   7 - 10
BT       =   4 - 6 e. 


e.  Pengayaan
Peserta didik yang telah mampu menghafal seluruh lafal niat wudlu  dan doa setelah wudlu dengan benar diminta untuk membantu teman-temannya yang belum hafal dengan sempurna.

f.   Remedial
Peserta didik yang belum mampu melakukan tata carawudlu dengan benar diminta untuk melakukan pengulangan pada saat jam pelajaran telah usai.

g.  Interaksi Guru dan Orang Tua
Orang  tua diminta ikut berperan serta untuk selalu menerapkan nilai-nilai wudlu dalam kehidupan sehari-hari dan senantiasa mengajak peserta didik untuk melakukan wudlu dengan baik dan benar.

Hal-hal yang Membatalkan Wudlu
a.  Pendahuluan
1)      Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama.
2)      Guru memeriksa kehadiran, posisi dan tempat duduk peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran.
3)      Guru sekilas mengulang materi yang lalu.
4)      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
5)      Untuk  memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, VCD, TV, atau proyektor.
6)      Guru  dapat menggunakan metode pembelajaran ceramah, Tanya jawab, demonstrasi, dan inkuiri (penemuan), dan lain lain.

b.  Kegiatan Inti
1)      Peserta didik mengamati gambar salah satu dari hal-hal yang membatalkan wudlu (orang tidur).
2)      Setiap peserta didik mengemukakan pendapat tentang pemahaman mereka dari gambar tersebut.
3)      Guru memberikan penguatan dari setiap pendapat peserta didik.
4)      Guru menjelaskan seluruh hal yang dapat membatalkan wudlu.
5)      Pada kolom “insya Allah aku bisa ” peserta didik bersama-sama mengatakan “  Aku selalu berusaha untuk menghindari  hal yang dapat membatalkan wudluku”
6)      Setelah  mengetahui   materi  pokok  peserta  didik  diminta   senantiasa memperbaharui wudlu sehingga selalu dalam keadaan suci.
7)      Pada  kolom  “tugasku”  seluruh  peserta  didik  melakukan  wudlu  secara bergantian, kemudian temannya mencatat kekurangan masing-masing.

c.  Penutup
1)    Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang macam-macam najis.
2)    Guru meminta peserta didik menerapkan materi pelajaran yang baru diberi kan di rumah masing-masing.
3)    Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama- sama.

d.  Penilaian
1)  Soal
Tentukan diantara gambar di bawah dengan memberi tanda ceklis (V ) yang merupakan pembatalan wudlu !

2)  Kunci Jawaban Gambar anak tidur Gambar anak buang air
Gambar orang mabuk
Gambar orang gila

3)  Pedoman Penskoran
Benar dan lengkap
100
Benar dengan 3 jawaban
75
Benar dengan 2 jawaban
50
Benar dengan 1 jawaban
25
Tidak ada yang benar
0

e.  Pengayaan
Peserta didik diminta untuk memperkaya wawasan dengan membaca buku- buku yang berhubungan dengan wudlu di perpustakaan.

f.   Remedial
Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang memiliki muatan sama de- ngan soal yang telah dikerjakan.


g.  Interaksi guru dan orangtua
Orangtua  diminta  untuk  membiasakan  mengingatkan  peserta  didik  agar berwudlu kembali saat akan salat ketika wudlunya telah batal.

Manfaat Wudlu
a.  Pendahuluan
1)        Guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik  berdoa bersama
2)        Guru memeriksa kehadiran, posisi dan tempat duduk peserta didik yang menunjang kegiatan pembelajaran.
3)        Guru sekilas mengulang materi yang lalu.
4)        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
5)        Untuk memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, VCD, TV, atau proyektor.
6)        Guru dapat menggunakan metode   pembelajaran  ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan inkuiri (penemuan).
b.  Kegiatan Inti
1)      Guru mengajak peserta didik menyanyikan lagu berwudlu.
2)      Guru menanyakan hal-hal yang harus dilakukan agar hidup kita bersih.
3)      Setiap peserta didik mennyimpulkan isi lagu dengan mengemukakan pendapat mereka.
4)      Guru memberikan penguatan dari setiap pendapat peserta didik.
5)      Guru menjelaskan beberapa manfaat wudlu
6)      Peserta  didik  diminta  mendiskusikan dengan  teman  sebangku tentang beberapa manfaat wudlu yang lain selain yang telah dijelaskan oleh guru.
7)      Salah satu peserta didik mengemukakan pendapat tentang hasil diskusi kecil yang mereka lakukan.
8)      Pada kolom “insya Allah aku bisa ” peserta didik bersama-sama mengatakan “ Aku disayang Allah karena berwudlu”
9)      Setelah mengetahui manfaat wudlu   peserta didik diingatkan agar tidak melakukan salat sebelum berwudlu terlebih dahulu.
10)    Pada kolom “tugasku” peserta didik dianjurkan untuk selalu melaksanakan tata carawudlu yang baik dan benar sehingga manfaat wudlu dapat dirasakan dengan baik pula.

c.  Penutup
1)      Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang manfaat wudlu yang akan dirasakan apabila tata carawudlu pun dilakukan dengan baik.
2)      Guru  meminta  peserta didik menerapkan   materi  pelajaran yang baru diberikan di rumah masing-masing.
3)      Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama- sama.

d.  Penilaian
Pada kolom “Ayo Berlatih Semester 2”peserta didik diminta untuk mengurutkan gambar berwudlu yang belum tersusun dengan benar
1)  Kunci Jawaban
a)     Gambar membasuh tangan
b)     Gambar berkumur-kumur
c)     Gambar menghisap air ke hidung
d)     Gambar membasuh muka
e)     Gambar membasuh tangan sampai sikut
f)      Gambar mengusap kepala
g)     Gambar membasuh telinga
h)    Gambar tertib/membaca doa

2)  Pedoman Penskoran
Setiap soal memiliki nilai   = 12,5
Benar dengan 1 jawaban    = 12,5
Benar dengan 2 jawaban    = 25
Benar dengan 3 jawaban    = 37,5
Benar dengan 4 jawaban    = 50
Benar dengan 5 jawaban    = 62,5
Benar dengan 6 jawaban    = 75
Benar dengan 7 jawaban    = 87,5
Benar dan lengkap              = 100
Tidak menjawab/salah       = 0 e. 

e.  Pengayaan
Peserta didik yang sudah terbiasa mempraktikkan tata cara berwudlu yang benar diminta untuk selalu mengingatkan teman yang masih belum sempurna berwudlu.

f.   Remedial
Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang memiliki muatan sama dengan soal yang telah dikerjakan.

g.  Interaksi Guru dan Orang Tua
Orang   tua  diminta     untuk  senantiasa  mengarahkan  dan  mengingatkan peserta didik agar dapat mempraktikkan wudlu dengan benar dan senantiasa melaksanakan nilai-nilai wudlu dalam kehidupan sehari-hari.



Mengetahui
Kepala MI,



( ___________________ )
NIP/NIK .............................

......, ........................ 20 .....
Guru Mata Pelajaran



( ___________________ )
NIP/NIK .............................




















0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA, KRITIK DAN SARAN YANG MEMBANGUN SELALU KAMI HARAPKAN, AGAR BLOG ADMIN MI FATHUL ULUM LEBIH BAIK DAN MENARIK LAGI